hover animation preload

Nokia N810 menggunakan Linux Maemo 4 dan bisa mengakses Wimax.
by Student.Deyyi in

Nokia N810 bisa mengakses WiMaX
HELSINKI, KOMPAS.com - Sujumlah analis industri memperkirakan Nokia akan memanfaatkan platform Linux untuk membuat perangkat multimedia pesaing iPhone dalam waktu dekat. Salah satu sumber menyebutkan, Nokia akan memamerkan smartphone yang bekerja dengan sistem operasi Maemo, versi Linux untuk perangkat mobile dalam ajang Nokia World di Stuttgart, Jerman, awal September nanti.
“Sepertinya Maemo, atau setidaknya turunan Linux digambarkan sejumlah pihak akan menjadi kunci utama Nokia dalam produk kelas atas tahun depan atau dua tahun lagi,” ujar Neil Mawston dari Strategy Analytics. Nokia sudah punya pengalaman memanfaatkan Maemo sejak tahun 2005 pada perangkat-perangkat tablet yang didesain khusus untuk akses internet. Namun, perangkat semacam itu gagal populer di pasaran dan bisa dikatakan gagal.
Meski sejauh ini sukses perangkat berbasis open source memang belum terbukti, popularitasnya cenderung terus meningkat. Selain Maemo, hadirnya Android buatan Google yang juga berbasis open source merupakan pendongkrak popularitas open source di bisnis smartphone. Kenapa bukan Symbian yang dipakai Nokia karena Linux dinilai lebih fleksibel untuk pengembangan aplikasi.
Nokia secara resmi belum berkomentar atas rumor tentang masa depan perangkat kelas atasnya berbasis Maemo. Meski demikian, Nokia telah menjanjikan akan merilis netbook dengan nama Booklet 3G pada Nokia World nanti yang merupakan lompatannya masuk ke pasar PC.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini